Pembinaan Bank Data Statistik KUA Telok Sebong

KBRN, Bintan: Kepala Seksi (Kasi) Bina KUA (Kantor Urusan Agama) Kanwil Kemenag Kepri, M. Mukhsin, bersama jajarannya mengunjungi KUA Kecamatan Teluk Sebong guna melakukan monitoring dan evaluasi (monev). Kunjungan tersebut disambut oleh Kepala KUA Teluk Sebong, Fadhil Muslimin, bersama staf. Selain monev, kunjungan tersebut juga untuk memberikan pembinaan bank data statistik antara lain, data kependududkan, data pemeluk agama, data rumah ibadah, dan data wakaf.

Selain itu, Mukhsin yang saat itu didampingi oleh stafnya Siti Habibah, Sri Hartini, dan Jayanti Dwi Sapta Riani juga menyoroti program keluarga sakinah dan tata ruangpelayanan. “Aset wakaf harus diamankan dengan merapikan arsip AIW (AKta Ikrar Wakaf) di KUA. Pengkaderan keluarga sakinah harus dilakukan hingga di tingkat  Kampung/RT. Untuk Bank Data KUA sudah dibuat dengan sangat baik, ini agar dapat dilanjutkan untuk senantiasa melakukan pemutakhiran (update),” pesan Mukhsin.

Selain menyoroti perihal data, Mukhsin juga memberikan motivasi kepada penghulu. Ia meminta penghulu harus kreatif dan inovatif mendesain tata ruang layanan yang menyenangkan.

“Penghulu juga harus selalu meningkatkan kompetensinya agar tidak tertinggal, baik dalam hal ilmu penyuluhan maupun cara menyampaikan penyuluhan,” sarannya. Menanggapi kunjungan tersebut, Ka. KUA Teluk Sebong, Fadhil, mengucapkan terima kasih. Ia berharap mudah-mudahan pembinaan yang diberikan dapat berguna untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar lebih baik. “Berkenaan dengan pengamanan aset wakaf, Insyaallah kita senantiasa menjaga aset yang ada pada KUA seperti, arsip/berkas nikah dan AIW/sertifikat,” jawabnya (real/rn).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00