Stok Darah UTD PMI Kota Tanjungpinang Menipis

whatsapp_image_2021_05_04_at_15_03_28.jpeg

Deskripsi Gallery

KBRN, Tanjungpinang : Selama bulan puasa  tahun 2021 ini Stok darah yang ada di Unit Transfusi Darah Kota Tanjungpinang sangat menipis. Hal ini diterangkan langsung oleh Iin Bernadeth selaku penanggung jawab UTD PMI Kota Tanjungpinang.

Menurutnya kelangkaan yang terjadi dikarenakan tidak ada sukarelawan yang mendonorkan darahnya selama bulan puasa.

“Selama bulan puasa tidak ada sukarelawan yang mendonorkan darahnya, selama sebulan ini pendonor hanya berasal dari keluarga pasien yang membutuhkan darah saja”, ujar Iin kepada RRI.

Menurutnya semua stok gologan darah yang ada di UTD PMI Kota Tanjungpinang sudah nenipis. Namun darah dengan tipe Rhufus Negatif lebih langka dari pada darah tipe lainnya. Selain faktor kondisi sedang berpuasa yang memang tidak bisa melakukan donor darah dikarenakan perut kosong, pandemi yang belum usai juga menjadi salah satu faktor penyebab masyarakat takut untuk melakukan donor darah.

Menurut Iin sendiri selama ini keadaan di kantor UTD PMI Kota Tanjungpinang cukup aman, dikarenakan tidak ada masyarakat yang datang secara bergerombol. Untuk proses transfusi darah, ada formulir yang harus diisi secara lengkap oleh masyarakat sebagai screening awal pendeteksian Covid-19 bagi para pendonor.

“Iya dari formulir itu nanti kita akan mengetahui kondisi lengkap dari para pendonor, apabila mereka baru melakukan perjalanan dari luar kota maka mereka tidak akan diperkenankan untuk melakukan donor kecuali sudah lewat dari dua minggu dan keadaannya baik-baik saja” imbuh Iin. (YN)

Gallery Info

  •   Dibuat oleh : Erita Fitrah Insani
  •   Tanggal : 04 Mei 2021

Share this

FOTO LAINNYA