Awasi Gadget Anak di Masa Pandemi

picture1.jpg

Deskripsi Gallery

KBRN, Tanjungpinang : Peran orangtua sangat penting di masa pandemi Covid-19 untuk mendampingi anak saat sedang belajar jarak jauh maupun saat berada di rumah.

Menurut Pemerhati Anak Kepri, M. Faizal, anak harus tetap dibatasi dalam penggunaan gawai atau gadget yang diperlukan untuk melakukan kegiatan belajar jarak jauh dengan guru sekolah.

Dijelaskannya, peran orang tua sangat penting dalam melakukan pendampingan, mengarahkan sekaligus memberikan contoh ke anak dalam menggunakan gadget untuk hal-hal yang positif serta menumbuhkan sikap kritis terhadap anak mengenai dampak negatif penggunaan  gadget.

“Harus kita pahami juga penggunaan gawai ini harus melalui pengawasan yang ketat juga, jangan sampai situasi covid dengan belajar daring ini dimanfaatkan oleh anak-anak untuk mengakses hal-hal yang sifatnya negatif, otomatis semuanya akan berubah drastis,” tuturnya, Jum'at (5/3/2021).

M. Faizal juga menyampaikan, kehadiran media sosial dan mudahnya mengakses internet melalui gadget telah membawa pengaruh negatif di segala lini, salah satunya menjadi pemicu meningkatnya angka pernikahan dini karna faktor hamil di luar nikah

“Informasi yang berkembang di media kita lihat, satu contohnya kasus perkawinan anak yang memita rekomendasi di Pengadilan Agama khususnya di Kota Tanjungpinang juga sedikit naik. Kenapa hal ini terjadi, dalam kondisi covid ternyata ada hal lain yang bisa menimbulkan itu. Kenapa anak itu bisa sampai menikah muda, karna pasangannya mungkin sudah hamil duluan, kenapa karna komunikasi melalui media social dan melakukan hal-hal yang negatif," lanjutnya.

Pemerhati Anak Kepri M. Faizal menambahkan, setidaknya ada empat dampak negatif yang perlu dijadikan perhatian orangtua saat mereka tengah memegang gadget. Pertama, kecanduan bermain game online, kedua, mengajarkan anak untuk menghalalkan segala cara, ketiga, ancaman pornografi dan keempat, gangguan kesehatan yang mengintai setiap saat. (hdr/aw).

Gallery Info

  •   Dibuat oleh : Hendra
  •   Tanggal : 05 Mar 2021

Share this

FOTO LAINNYA