Lima Fakta Banjir Pebayuran Kabupaten Bekasi

Foto udara banjir di Kampung Babakan Banten, Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (22/2/2021). Banjir yang disebabkan tanggul Sungai Citarum jebol tersebut mengakibatkan lima desa terisolir selama tiga hari. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

KBRN, Bekasi: Tanggul Sungai Citarum di Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, jebol pada Sabtu (20/2) malam lalu. 

Ribuan rumah warga dari 9 (sembilan) Desa di Kecamatan Pebayuran, Bekasi, di antaranya, Desa Sumberurip, Karangharja, Sumbereja, Karang Patri, Bantar Sari, Karanghaur,  Sumbersari, dan Desa Bantarjaya, terendam hingga Senin (22/2) kemarin.

Berikut 5 (lima) fakta yang dihimpun RRI dari berbagai sumber pemberitaan mengenai keadaan terkini Banjir Kabupaten Bekasi, Selasa (23/2/2021):

1. Banjir di dekat lokasi tanggul jebol, tepatnya di Desa Sumberurip, Kecamatan Pebayuran, diinformasikan sudah surut.

2. Sudah 8.000 warga dievakuasi ke 16 titik tempat pengungsian, namun sedikit terkendala karena sebagian warga ada yang memilih bertahan di rumahnya masing-masing.

3. Perbaikan tanggul Sungai Citarum yang jebol belum memungkinkan untuk dilakukan saat ini, sebab, debit air Sungai Citarum saat ini masih tinggi.

4. Ribuan warga korban tanggul jebol Citarum di Pebayuran, Kabupaten Bekasi, dievakuasi ke tempat pengungsian dan menjalani Swab Test sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19.

5. Polda Metro Jaya menyiagakan dapur umum di 4 titik pengungsian warga yang terdampak tanggul Citarum yang jebol di Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi. 

Dapur umum disiapkan agar para pengungsi lebih mudah mendapatkan bantuan makanan siap saji.

BACA JUGA: Kali Cakung Meluap, Harapan Baru Bekasi Kebanjiran

Akan tetapi penderitaan warga Bekasi nampaknya masih berlanjut, karena seperti diberitakan RRI sebelumnya, Bekasi banjir lagi akibat meluapnya Kali Cakung.

Banjir diinformasikan kembali menerjang kawasan Perumahan Harapan Baru (PHB) Regency.

Menurut warga, terendamnya kembali jalan dan sejumlah rumah di kawasan perumahan tersebut terjadi setelah hujan deras yang turun Selasa siang.

Ketinggian air antara 50 sampai 60 sentimeter dan akan mengganggu aktivitas warga setempat.

Sejumlah pengendara sepeda motor terpaksa melintasi jalan yang terendam banjir, di Bekasi, Jawa Barat, seperti dilansir Antara, Selasa (23/2/2021). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00