Gempa Mamuju: 340 Kilogram Rendang Dikirim Sumbar

KBRN, Padang: Masyarakat Sumatera Barat turut andil membantu para korban gempa Magnitudo 6.2 Mamuju, Sulawesi Barat. Sebanyak 340 Kilogram rendang bantaun masyarakat Sumateran Barat dikirim menggunakan Pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara melalui Bandara Internasional Minangkabau.

Pesawat Hercules Boeing 373 seri 200 milik TNI Angkatan Udara dari Skadron Udara 5 Lanud Hasanuddin Makassar. Rendang berasal dari masyarakat dan UMKM Sumatera Barat dikelola Koperasi Ikaboga Padang, dan hari ini merupakan pengiriman bantuan tahap awal.

"Pengumpulan rendang tersebut dilakukan selama tiga hari yang bekerja sama dengan Relawan Bulan Sabit Merah Indonesia dan Gebu Minang. Memang, kami punya target 1 ton rendang," kata Ketua Koperasi Ikaboga Kota Padang Martiningsih di Padang, Sumatera Barat, Rabu (27/1/2021).

Namun, kata dia, saat ini belum dikoordinasikan oleh seluruh pihak terkait guna pengiriman 1 ton rendang berjalan lancar untuk para korban gempa Mamuju. Donasi untuk gempa Mamuju terus dibuka di Sumatera Barat.

"Mudah-mudahan bulan depan sudah terkumpul 1 ton rendang dan langsung kita salurkan ke Mamuju," kata Martiningsih.

Dia menjelaskan, pengiriman rendang hari ini berjumlah 340 Kilogrman itu untuk 1.360 kepala keluarga korban gempa Mamuju.

Komandan Lanud Sutan Syahrir Kolonel Penerbang Fahlefie menjelaskan, pihaknya siap untuk menyalurkan bantuan untuk korban bencana alam di Indonesia.

“Kita langsung serahkan bagi korban gempa di Mamuju Sulawesi Barat. Makanan rendang ini sangat disukai oleh masyarakat, dan favorit lagi,” kata Fahlevie.

Menurut informasi didapat RRI Padang, juga ada penyaluran bantuan rendang dilakukan melalui jalan darat untuk Mamuju, yaitu dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berada di Sumbar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00