Sungai di Banyumas Meluap, Genanngi Rumah Warga

KBRN Purwokerto: Hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas Jawa Tengah hingga debit sungai Lebeng di Desa Kalisalak meluap.

"Air menggenangi rumah warga mengakibatkan pakaian, alat tuli, kasur dan peralatan dapur serta benda elektronik lainnya terrendam, bahkan ada gabah dan kedelai hasil pertanian warga terrendam banjir," kata Adi Candra Dansatgas Tagana kabupaten Banyumas, Kamis (29/10/2020).

"Ditambah di bawah jembatan tersebut, terdapat bambu dan akar pohon yang menghalangi aliran sungai Lebeng, sehingga Sungai Lebeng terjadi Luapan," tambahnya. 

Menurut Adi, dari hasil pendataan yang dilakukan oleh Tangana Kabupaten Banyumas dan Pramuka Peduli berdasarkan penuturan Ketua RT 02 RW 06, bahwa Rumah yang terdampak banjir luapan, sehingga menggenang hingga masuk rumah warga.

Genangan air ada di RW 3.  RT 01 RW sekitar 32 Rumah  RT 02 ada 33 Rumah dan 3. RT 35 Rumah.

Selain faktor Hujan lebat, warga juga menyampaikan tanggul permanen bronjong yang melintang di Sungai Lebeng yang berfungsi sebagai penahan sampah / lumpur tidak berfungsi dengan baik. 

Saluran pembuangan air di tanggul itu terlalu kecil, sehingga air tidak dapat mengalir dengan lancar, yang kemudian melipas ke perumahan warga.

"Air melimpah sering terjadi, namun yang terbesar adalah malam ini yakni dengan ketinggian antara 30 - 40 cm, sampai masuk ke rumah - rumah warga yang tadinya tidak pernah kemasukan, namun malam ini kemasukan. Banjir mulai masuk ke rumah warga sekitar pukul 21.00 WIB, hingga tadi malam pukul 00.00 WIB, banjir masih menggenangi perumahan warga," ungkapnya.

Saat Tim akan kembali ke Purwokerto sekitar pukul 00.22 WIB, tiba - tiba terjadi Pohon Tumbang jenis Pinus di Jl. Raya Rawalo - Purwokerto, tepatnya di sebelah Utara Bendung Gerak Serayu (komplek Jembatan Rel Kereta Api Grumbul Kaliwangi Desa Tambaknegara Kecamatan Rawalo. 

Berkat kesigapan Tim Relawan dan dari Polsek, Koramil Rawalo, Perhutani dan masyarakat pohon tumbang dapat segera di singkirkan. 

Pohon tumbang melintang jalan sempat memacetkan arus lalu lintas, sekitar pukul 00.57 WIB setelah pohon disingkirkan, arus lalu lintas kembali normal.

 Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa. Sedangkan kerugian masih didata.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00