Bengkulu Waspada Angin, Hujan dan Gelombang Tinggi

Perkiraan cuaca Bengkulu dari BMKG (Dok. Istimewa/BMKG)

KBRN, Bengkulu: Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, cuaca di wilayah Provinsi Bengkulu dan sekitarnya saat ini masih masuk musim pancaroba atau peralihan cuaca.

Dalam kondisi ini diperkirakan, untuk gelombang laut cukup tinggi dan intensitas hujan tak menentu.

Kemudian juga untuk angin kencang, dan hujan deras yang bisa sewaktu-waktu terjadi.

Kasi Data dan Informasi BMKG Bengkulu Anang Anwar mengatakan, perkiraan gelombang air laut, untuk posisi pesisir Sumatera khususnya laut Bengkulu ketinggiannya berkisar 1 sampai 1,5 meter.

Sedangkan di perairan laut Samudera Hindia Barat Sumatera, ketinggian gelombangnya sekitar 3,5-5 meter, termasuk juga di perairan Pulau Baai sampai Pulau Enggano.

“Kondisi gelombang air laut tersebut, saat ini memang cukup ekstrem, untuk itu kepada pihak ASDP jika mau berlayar harus berhati-hati dan selalu waspada,” ujarnya sesuai keterangan resmi di Bengkulu, Sabtu (26/9/2020).

Lebih lanjut untuk potensi hujan, Anang menerangkan, dari perkiraan memang ada, karena di musim peralihan seperti sekarang, termasuk terjadi angin kencang. Bahkan wilayah Bengkulu mulai masuk musim penghujan.

Hal itu terjadi karena ada angin siklon tropis nol yang menuju ke arah Vietnam atau Selatan.

“Kami mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati saja, terutama ketika hujan deras yang tidak menentu datang dengan disertai angin kencang, menjauhi pepohonan yang kemungkinan roboh,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00