Covid-19 Meluas, Pemerintah Harus Lakukan Ini

Antara Foto/ Fauzan/ wsj.

KBRN, Jakarta: Wabah Covid-19 kian meluas, pemerintah pun dituntut menjalankan tanggung jawabnya dalam melindungi kesehatan rakyat Indonesia, sebagaimana amanah Undang-Undang.

Anggota Komsi IX DPR RI Fraksi PKS Kurniasih Mufidayati menegaskan, pemerintah tidak boleh lagi gagap dan harus lebih fokus menyiapkan skenario baru dalam mengatasi perluasan pandemi Covid-19 yang kian meluas. 

"Kita sudah punya instrumen penanggulangan Pandemi ini dalam UU No 6 Tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehatan," tegas Mufida, sapaan khas Kurniasih Mufidayati dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (15/8/2020).

Permintaan itu disampaikannya karena masih banyak temuan masalah yang ada di lapangan. Misalkan masih banyaknya tenaga medis dan tenaga kesehatan yang berguguran, protokol kesehatan yang masih lemah implementasinya di masyarakat dan banyak tempat keramaian, banyak temuan klaster penularan baru yang menyebabkan angka meningkat pesat dan sejumlah gedung ditutup sementara. Terakhir tentang vaksin yang masih terus menjadi perbincangan, serta persoalan lainnya.

"Artinya negara ini sudah menyiapkan diri menghadapai berbagai kemungkinan-kemungkinan munculnya wabah kesehatan. Tinggal implementasinya di lapangan perlu ditingkatkan," tukas Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Data terakhir dari covid19.go.id, pada hari ini, Sabtu (15/8/2020), kasus positif Covid-19 di Indonesia bertambah 2.345 kasus. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingan hari sebelumnya, Jumat (14/8/2020) yaitu 2.307 kasus.

Dengan penambahan tersebut, kasus positif Covid-19 di Indonesia sampai saat ini mencapai 137.468 kasus.

Dari angka tersebut, pasien yang telah dintakan sembuh berjumlah 91.321 orang. Sementara korban meninggal sampai saat ini mencapai 6.071 jiwa.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00