AS Tamrin: Protokol Kesehatan Harus Dipatuhi Kolektif

KBRN, Baubau: Kota Baubau menggelar Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia(RI) dengan sederhana. Tahun ini, tidak ada kemeriahan, berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. 

Selain tidak ada lomba 'Agustusan', upacara peringatan HUT Kemerdekaan juga akan digelar dengan waktu singkat dan peserta terbatas. Itu karena masih dihadapkan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang belum menunjukkan tanda tanda akan usai.

Menyikapi hal tersebut, Wali Kota Baubau AS Tamrin mengatakan, bencana non alam yang sedang menerpa bangsa harus diterima sebagai suatu kondisi yang tidak bisa dihindari. Tetapi harus disikapi dengan cara cara wajar.

Salah satunya, kata Tamrin, dengan disiplin dan patuh menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari virus mematikan itu. 

"Karena cara untuk terhindar dari penyebaran Covid-19 harus jaga jarak, menggunakan masker, dan cuci tangan pakai sabun. Ini butuh kepatuhan kita," kata AS Tamrin di Baubau, Sulawesi Tenggara, Sabtu(15/8/2020). 

Kepatuhan terhadap protokol kesehatan dikatakannya tidak akan dapat memutus rantai persebaran virus jika hanya dilakukan sebagian orang, melainkan harus kolektif, atau secara bersama-sama. 

"Kepatuhan ini harus semua. Karena bila ada seribu orang manusia patuh, namun sepuluh orang  tidak patuh, maka sama saja, rusak semua," kata dia.

Saat ini diakui Tamrin, masih ada sebagian warga belum mengikuti anjuran pemerintah dalam mencegah persebaran Covid-19, terutama warga beraktivitas di pasar. 

Peran pers menjadi rujukan demi terus menggemakan informasi berkaitan dengan protokol kesehatan agar semua warga dapat sadar mematuhi protokol kesehatan. 

"Karena pemerintah menjadi buyar akhirnya, meskipun diawal-awal sudah serius mengeluarkan berbagai macam regulasi dan SOP, tetapi kalau tidak dipatuhi, tidak ada gunanya," terang Tamrin.

Selain banyak memakan korban jiwa, Pandemi Covid-19 kata Tamrin, telah membuat ekonomi lumpuh. Sehingga untuk menghadapi semua musibah ini dibutuhkan peran serta dan kerja sama yang baik semua pihak agar pandemi ini dapat segera berakhir dari bumi Nusantara. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00