Angin Kencang, Rumah Warga Sabang Dihantam Pohon

Ilustrasi angin kencang/ Antara

KBRN, Kota Sabang: Cuaca ekstrim melanda Kota Sabang, Aceh pada Senin (10/8/2020) pagi. Angin kencang yang melanda Pulau Weh itu menyebabkan pohon tumbang dan menimpa rumah warga. 

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) melaporkan peristiwa angin kencang ini yang disertai hujan itu terjadi pada pukul 07.45 WIB. 

"Telah terjadi pohon tumbang pada hari Senin, 10 Agustus 2020 pukul 07.45 WIB di Desa Kota Bawah Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Kota Sabang pada pukul 07:45 WIB," ungkap petugas Pusdalops BPBA Haslinda Juwita dalam keterangan yang diterima RRI. 

Akibatnya, sebut Haslinda, satu rumah warga mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon besar. Terlihat rumah berkonstruksi semi permanen itu mengalami kerusakan pada bagian atap dan dinding. 

"Kejadian ini diakibatkan oleh angin kencang yang terjadi di wilayah Kota Sabang.  Korban terdampak atas nama Sarbiah (71). Dampak material dari kejadian ini satu unit rumah rusak ringan," ujarnya. 

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun kerugian ditaksir jutaan rupiah. 

Dalam upaya penanggulangan bencana angin kencang ini, petugas piket BPBD Kota Sabang langsung menuju ke lokasi kejadian untuk membersihkan material pohon yang tumbang dan dilanjutkan dengan pembersihan.

Sementara itu, BMKG Stasiun Meteorologi Blang Bintang Aceh Besar merilis, dalam beberapa hari terakhir sejumlah wilayah di Aceh masih dilanda cuaca ekstrim angin kencang yang disertai hujan. 

Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Blang Bintang Zakaria Ahmat menjelaskan, BMKG telah mengeluarkan peringatan dini untuk mengantisipasi cuaca buruk. 

"Peringatan dini Cuaca Provinsi Aceh tanggal 10 Agustus 2020 pukul 08.00 WIB. Berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang  di wilayah Aceh Besar, Banda Aceh, Aceh Jaya, dan sekitarnya. Dan dapat meluas ke wilayah Sabang, Pidie dan sekitarnya," jelas Zakaria.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00