Jauhi Zona Merah Erupsi Gunung Sinabung

Foto (Dok. Antara Foto/Sastrawan Ginting/Lmo/wsj)

KBRN, Jakarta: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo menetapkan empat lokasi menjadi zona merah dampak erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (8/8/2020) siang.

"Kami imbau warga agar menjauhi zona merah," imbau Pelaksana tugas (Plt) BPBD Kabupaten Karo, Natanail Perangin-angin, Sabtu.

Natanail mengatakan, wilayah zona merah meliputi kawasan desa yang sudah direlokasi, lokasi di dalam radius 3 Km dari Puncak Gunung Sinabung, Radius sektoral 5 Km untuk sektor selatan-timur, dan Radius sektoral 4 Km untuk sektor timur-utara.

"Warga harus patuhi larangan masuk ke zona merah," kata Natanail.

Natanail menyebutkan, saat ini Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga). Sehingga direkomendasikan agar warga, petani, dan wisatawan agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa sekitar Sinabung.

Sebelumnya, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Sabtu (8/8/2020) pukul 01.58 WIB kembali mengalami erupsi. Tinggi kolom abu teramati kurang lebih 2.000 meter di atas puncak atau sekitar 4.460 meter di atas permukaan laut.

Empat kecamatan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, terkena dampak erupsi Gunung Sinabung yang menyemburkan abu vulkanik setinggi 2.000 meter.

Wilayah yang terdampak abu vulkanik Gunung Sinabung yakni Kecamatan Naman Teran, Kecamatan Berastagi, Kecamatan Simpang 4 dan Kecamatan Merdeka.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00