Warga Enggan Mengungsi, Petugas Berjibaku Bangun Tenda

Pembangunan Tenda Pengungsian.jpg
Bersihkan sisa kebakaran.jpg
Tim BPBD.jpg

KBRN, Bima: Tim gabungan dari BPBD, TNI, Polri dan dinas kesehatan Kabupaten Bima, bergotong royong membersihkan sisa material di lokasi kebakaran di Desa Ntonggu, Kabupaten Bima, Minggu (2/8/2020).

Pembersihan dilakukan untuk memudahkan proses pembangunan tenda pengungsian sementara bagi para korban kebakaran. 

"Sesuai permintaan korban kebakaran yang enggan mengungsi di tempat pengungsian yang disediakan sebelumnya, seperti di halaman sekolah terdekat serta di mushola ataupun masjid," kata Kasubid Penanganan Darurat BPBD Kabupaten Bima Bambang Hermawan. 

Bima mengatakan, selain bergotong royong membersihkan sisa reruntuhan bangunan yang terbakar, pihaknya juga telah menyalurkan bantuan dari BPBD Propinsi NTB. 

"Bantuan yang kita salurkan berupa 50 lembar tarpal dan bantuan lain berupa beras dan mie instan, serta peralatan tidur seperti matras, tikar dan selimut," terangnya.

Bambang menambahkan, akan terus berkoordinasi dengan TNI dan POLRI serta Dinas Kesehatan, terkait untuk memenuhi kebutuhan lain bagi korban kebakaran. 

Dikatakan, menyediakan fasilitas dapur umum dan penyediaan air bersih adalah langkah utama yang ditempuh karena sesuai kebutuhan. Posko darurat kesehatan juga disiapkan di lokasi kebakaran guna memberikan pelayanan kesehatan bagi para korban.

"Hari ini rencananya pihak BPBD dan TNI serta Polri akan mendistribusikan air bersih berupa air mineral dan membangun sejumlah tenda pengungsian untuk tambahan bagi para pengungsi," tandasnya.

Sebelumnya kebakaran di Desa Ntonggu, Kabupaten Bima, terjadi pada Kamis (30/7/2020) yang mengakibatkan 37 unit rumah warga rata dengan tanah dan 10 unit lainnya rusak ringan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00