Lima Desa di Aceh Barat Kena Banjir Rob

KBRN Meulaboh: Bencana dari laut berupa banjir gelombang pasang (rob) kembali melanda wilayah pesisir Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, sejak Sabtu (11/7/2020) pagi.

Gelombang pasang menghempas ruma-rumah penduduk hingga kebadan jalan sejak 06.00 WIB sehingga air laut memasuki rumah dan mengenangi badan jalan di sejumlah desa dalam, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat.

Bencana gelombang pasang kali ini lebih parah dari sebelumnya, sebagian warga yang berdomisili di lima desa kawasan terdampak bencana terpaksa diungsikan.

Adapun desa terdampak banjir rob yakni Desa Pasir, Desa Ujong Kalak, Desa Kampung Belakang, Desa Suak Indra Puri dan Desa Suak Raya, sementara desa terparah yakni Desa Pasir.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Barat Dr Muhktaruddin, ditemui di lokasi menyampaikan, masih melakukan pendataan  kerusakan, hingga saat ini belum ada korban jiwa, namun warga sudah mengungsi di tempat yang disediakan.

"Kita sudah mendirikan tenda pengungsian dan dapur umum. Akan segara dicarikan solusi untuk mengaliri air laut ini ke titik terendah. Warga dihimbau tetap waspada," katanya.

Dapur umum BPBD, serta alat berat telah dikerahkan ke lokasi, penanganan darurat telah dilakukan Polri, TNI bersama BPBD di lokasi paling terdampak akibat fenomena alam gelombang pasang ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00