Ganjar Anggarkan Perbaikan Jalur Evakuasi Merapi

KBRN, Klaten: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) menyiapkan anggaran untuk perbaikan jalur evakuasi Gunung Merapi.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkapkan itu saat melakukan kunjungan kerja di kawasan lereng Merapi, Kemalang Klaten. Ganjar datang bersama Kepala BPPTKG Yogykarta Hani Humaida, Deputi Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan, Kepala BPBD Jawa Tengah Sarwono dan juga Sekretaris Daerah Klaten Jaka Sawaldi melihat langsung sejumlah lokasi kerusakan jalan evakuasi di wilayah itu seperti di Deles Desa Sidorejo dan jalur menuju Desa Tegalmulyo.

"Ini mau kita cek jalur evakuasinya. Karena kemarin diusulkan bantuan Pemprov. Blanja kami Insya Allah masih bisa terkafer. Akan kita keluarkan, kemarin masih kita tahan," ungkap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada wartawan Rabu (9/7/2020) di Balerante Kemalang Klaten. 

Ditambahkan Ganjar, bantuan provpinsi yang disiapkan untuk perbaikan jalur evakuasi tersebut senilai Rp 14 milyar.

Kerusakan jalan atau jalur evakuasi di kawasan lereng Merapi tidak terlepas dari tingginya angkutan penambangan di wilayah itu. Ganjar pun meminta kepada yang berwenang untuk melakukan kontrol termasuk pengangkutannya agar patuh peraturan. 

"Jika tidak patuh akan dilakukan operasi penertipan," tegas Ganjar Pranowo. 

Sedangkan Sukiman warga Desa Deles Sidorejo kepada RRI mendesak agar jalan evakuasi itu segera diperbaiki. Hal itu penting dilakukan jika terjadi bahaya Merapi jalur tersebut nyaman dilalui dan tidak membahaykan warga. 

"Kalau saya meminta pemerintah agar jalur itu segera diperbaiki. Kondisi sekarang sangat mengkawatirkan bagi pengguna jalan," tandas Sukiman. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Bupati Klaten Pemerintah Kabupaten Klaten juga sudah menganggarkan dana senilai Rp 2,6 milyar. Dana tersebut nantinya dapat digunakan untuk perbaikan jalur evakuasi yang sifatnya untuk pemeliharaan jalan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00