Titik Panas Kepung Sumatera

Ilustrasi titik api. (ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang)

KBRN, Jakarta: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi 93 titik panas di wilayah Sumatera.

"Walaupun tingkat kepercayaannya di kisaran sedang, tapi sudah cukup banyak. Sekitar 93 titik sudah terpantau," kata prakirawan BMKG Achmad Rifani kepada RRI, Minggu (5/7/2020). 

Achmad merincikan, titik panas tersebar di wilayah Sumatera seperti di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Sumatera Selatan. "Kami imbau untuk waspada," imbaunya.

Sebelumnya, terkait sudah mulainya terpantau titik panas, Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan, kepolisian konsen dengan persoalan itu. Kapolri pun telah memerintahkan jajaran Polda dan Polres untuk melakukan upaya penanganan.

"Kapolri sudah intruksikan seluruh jajaran Polda dan Polres untuk identifikasi hutan. Melihat pengalaman dan aktivitas tahun lalu, dievaluasi gara-gara musim kemarau ini apa yang disiapkan, pencegahan apa yang disiapkan," kata Argo di Jakarta, Rabu (1/7/2020) lalu.

Presiden Joko Widodo juga mengingatkan seluruh jajarannya agar tak lengah mencegah karhutla pada kemarau tahun ini. Untuk itu manajemen lapangan harus terkonsolidasi dan terkoordinasi dengan baik.

"Area-area yang rawan hotspot dan update informasi sangat penting sekali, manfaatkan teknologi meningkatkan monitoring dan pengawasan dengan sistem dashboard," kata predisen dalam rapat terbatas (ratas) akhir Juni lalu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00