Petugas Masih Berjibaku Padamkan Karhutla Aceh Barat

KBRN Meulaboh: Bencana Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih bertahan di lahan gambut kering dalam wilayah administrasi Desa Leuhan dan Desa Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Sabtu (4/4/2020).

Petugas gabungan dari BPBD Aceh Barat, TNI, Polri, BKSDA Aceh, Dinas Kehutanan Aceh, KPH dan Masyarakat Peduli Api, masih terus berjibaku berupaya memadamkan api di lahan gambut yang terbakar.

"Kita sulit memprediksi kapan bisa padam karena yang terbakar ini adalah permukaan bawah rawa gambut. Tapi kita tetap berupaya terus karhutla ini segara padam dengan mengerahkan semua kemampuan," kata Kepala Pelaksana BPBD Aceh Barat Dr Muhktarudin, kepada RRI.

Meskipun sudah tiga hari terjadi Karhutla di kawasan itu, namun diperkirakan tidak sampai meluas dari area yang terbakar sejak awal yakni seluas 10.5 hektar, karena petugas melakukan strategi pemadaman dengan penyekatan dan membatasi agar api tidak merambat.

"Kemudian juga dilakukan pendinginan di titik-titik yang sudah berkurang muncul api, hanya tersisa asap yang muncul kepermukaan, tapi itu juga petanda bahwa api masih bersarang di bawah gambut," pungkas Muhktarudin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00