Warga Pademangan Sekarang Punya Bilik Isolasi Mandiri

Salah satu bilik isolasi mandiri di GOR Pademangan, Jakarta Utara (Dok. Istimewa)

KBRN, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan sebanyak 20 bilik isolasi mandiri di Gelanggang Olahraga Pademangan, Jakarta Utara.

Bilik beserta fasilitas lain penunjangnya ini sengaja disediakan bagi warga Pademangan dan sekitarnya yang terinfeksi Covid-19.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan penyediaan fasilitas ini merupakan bagian dari kerjasama Pemprov dengan Dewan Riset Daerah (DRD) DKI Jakarta dan sejumlah pihak.

"Pagi ini saya melanjutkan kunjungan untuk meninjau kesiapan beberapa unit kegiatan. Di antaranya tadi mengecek GOR Pademangan yang sedang dipersiapkan Graha Sehat untuk ruang isolasi mandiri bagi warga di Pademangan dan sekitarnya. Dikerjakan oleh DRD (DKI Jakarta) bekerja sama dengan semua pihak; dibantu oleh Walikota, Camat, Lurah dan masyarakat juga pihak swasta bekerja sama (dan) berkolaborasi sosial," ungkapnya di Kantor Kelurahan Pademangan Timur, Jakarta Utara, Jumat (03/07/2020).

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meninjau bilik isolasi mandiri GOR Pademangan, Jakarta Utara (Dok. Istimewa)

Secara rinci Wagub DKI ini menjelaskan, nantinya pasien perempuan dan laki-laki akan berada di tempat terpisah. Sisi timur untuk pasien perempuan, sementara sisi barat untuk pasien laki-laki. 

Di dalam GOR sendiri, lanjut Riza, juga dilengkapi Mesin Purifikasi Udara Anti COVID-19 Nano Teknologi atau Nanobubble-ATTACT.

Mesin ini merupakan buah inovasi dari DRD DKI Jakarta dan PT. Nanobubble Karya Indonesia.

Tak lupa fasilitas lain seperti toilet khusus pasien dan petugas (terpisah), wastafel/tempat cuci tangan di beberapa sudut juga telah disediakan.

"Sudah disiapkan ada 20 (bilik) nanti secara bertahap agar bertambah. Dan nanti GOR lain di seluruh Jakarta juga akan dipersiapkan seperti itu. Tadi ada alat nanobubble/Purifyer (Mesin Purifikasi Udara Anti COVID-19 Nano Teknologi) yang sangat baik sehingga bisa menyedot/mematikan virus dan mengembalikan udara dalam kondisi yang sehat," paparnya.

Terakhir, Wagub berpesan agar masyarakat menjaga kedisiplinan dalam melakukan pencegahan (preventif) penularan Covid -19, dengan menerapkan protokoler pencegahan virus corona dalam keseharian mereka.

Hal ini agar warga terhindar dari virus berbahaya ini, sehingga tak perlu mampir ke bilik isolasi mandiri di GOR Pademangan.

"Jadi jangan sampai kita merasa bahwa suasana ini sudah normal. Ini belum normal. Oleh karena itu, Pak Gubernur kemarin dalam rapat memutuskan kita melanjutkan PSBB Transisi di Fase Pertama ini (diperpanjang). Artinya perlonggaran tetap ada, namun tetap 50 persen. Dan kita minta warga terus berjaga, berhati-hati, patuh, dan disiplin," tegasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00