Banjir Rob Sebabkan Krisis Air Bersih

Bantu Warga Terdampak ROB BPBD Subang Distribusikan 3 Tanki Air Bersih

KBRN, Subang: Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kabupaten Subang mengerahkan tiga tanki air untuk memenuhi krisis air bersih dialami warga tiga desa di kecamatan Legonkulon, pasca terdampak bencana gelombang air pasang (Rob) dari perairan Pantura Subang.

Kepala BPBD Kabupaten Subang Hidayat menyatakan, tiga desa tersebut diantaranya desa Mayangan, Desa Legonwetan, dan Desa Tegallurung,  

"Sebagai tanggap darurat bagi warga di tiga desa di kecamatan Legonkulon, yang terkena Rob, BPBD dan PDAM hari ini mendistribusikan tiga tanki air bersih," kata Hidayat dalam keterangannya, Jumat (5/6/2020).

Hidayat mengatakan, tidak hanya hari ini saja mendistribusikan air bersih itu, melainkan selama warga masyarakat masih mengalami krisis air bersih akibat Rob. 

"Bahkan tidak hanya tiga desa itu saja, termasuk beberapa desa lainnya di wilayah kecamatan Legonkulon, dan kecamatan lainnya di wilayah Pantura yang mengalami air bersih, akan menjadi perhatian BPBD," terangnya.

Diungkapkan, mulai, Sabtu (6/6/2020),  BPBD akan bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR), KUD Mina Bahari, dibantu TNI/Polri, memperbaiki tanggul laut yang sempat jebol beberapa waktu lalu oleh Rob, hingga sempat diisukan terjadi tsunami di Pantura.

"Insya Alloh Sabtu besok, BPBD bekerjasama dengan DPUPR, dan KUD Mina Bahari, dibantu TNI/Polri, siap memperbaiki tanggul laut yang jebol. Sehingga ketika terjadi lagi ROB, minimal bisa meminimalisir ketinggian air, yang nerendam pemukiman warga setempat," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00