Rumah Konstruksi Kayu Musnah Terbakar di Aceh Besar

KBRN, Kota Jantho : Sebuah rumah berkonstruksi kayu milik Anwar (37) di Gampong Durung, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, Rabu (3/6/2020) siang musnah terbakar. Terjadinya peristiwa kebakaran ini menimbulkan keprihatinan warga sekitar. Meski tidak ada korban jiwa manusia, namun rumah kayu tersebut mengalami kerusakan berat.

Kalaksa BPBD Aceh Besar Farhan AP melalui Operator Pusdalops PB Maswani dan Iqbal mengatakan, petugas piket pemadam BPBD Aceh Besar Pos Durung menerima informasi tentang adanya kejadian kebakaran rumah warga yang disampaikan oleh masyarakat.

“Kondisi rumah yang berkontruksi kayu sehingga membuat api begitu cepat dan mudah menjalar keseluruh bagian rumah pada saat kejadian pemilik rumah juga tak jauh dari rumah sehingga beberapa alat perabotan rumah tangga berhasil terselamatkan,” ujarnya, Rabu (3/6/2020) malam.

Menurut keterangan, pemilik rumah tersebut sudah jarang ditempati karena sudah menempati rumah yang lain yang lokasinya tidak jauh dari lokasi rumah yang terbakar.

“Pemilik rumah mengatakan juga masih sesekali menempati rumah tersebut, sehingga tak banyak lagi peralatan perabotan rumah tangga yang tersisa di rumah yang terbakar tersebut,” ungkap Maswani mengutip keterangan pemilik rumah.

Begitu pemilik rumah melihat kobaran api, yang bersangkutan juga langsung berteriak dan meminta bantuan kepada warga masyarakat yang ada di sekitar lokasi kejadian.

”Untuk dugaan penyebab kejadian kebakaran belum diketahui pasti, namun sudah dalam penanganan pihak yang berwajib,” katanya.

Masih menurut Maswani, petugas piket pemadam BPBD Aceh Besar Pos Durung setelah menerima informasi langsung bergerak ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan kebakaran tersebut. Selain itu juga meminta bantuan armada pemadam kebakaran pos Kajhu sehingga BPBD Aceh Besar dalam menangani kejadian tersebut mengerahkan dua unit armada pemadam kebakaran ke lokasi kejadian. Penanganan kebakaran sendiri baru selesai dilakukan oleh petugas pada pukul 14.40 WIB.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00