Delapan Petugas Lapas Sijunjung Positif Covid-19

Ilustrasi Coronavirus (Dok. Istimewa)

KBRN, Padang: Kabupaten Sijunjung menyusul 18 daerah di Sumatera Barat (Sumbar) yang terjangkit Covid-19.

Dengan demikian, semua kabupaten/kota di Sumatera Barat telah menjadi zona merah penyebaran Covid-19.

Hal tersebut dibenarkan Juru bicara penanganan Covid-19 Kabupaten Sijunjung, Rizal Efendi, saat dihubungi RRI di Padang, Rabu (27/5/2020) siang.

Menurut Rizal, kasus pertama di Kabupaten Sijunjung menerpa 8 (delapan) petugas Lapas II Muaro Sijunjung, termasuk kepala lapas.

Hasil tersebut didapati dari 20 sampel swab Kabupaten Sijunjung yang diperiksa beberapa hari lalu oleh Laboratorium Diagnostik dan Riset Infeksi Fakultas Kedokteran Unand, Padang.

"Usai mendapatkan informasi dari Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand pada Selasa 26 Mei, hari ini 8 petugas lapas itu langsung dijemput tim penanganan Covid-19 Kabupaten Sijunjung untuk dibawa ke tempat karantina di gedung BKPSDM Provinsi Sumatera Barat di Kota Padang sekitar pukul 09.00 WIB tadi," tuturnya.

Dia melanjutkan, sementara gugus tugas langsung melakukan penelusuran jejak interaksi atau tracing dan hasilnya dilakukan swab pada 253 orang termasuk narapidana dan keluarga petugas lapas.

"Sekarang kita belum tahu darimana 8 petugas ini terpaparnya. Karena ada diantara mereka yang bolak balik ke berbagai daerah termasuk dari Kota Padang," ungkapnya.

Rizal Efendi menambahkan, 253 orang yang di-swab hari ini menjalani isolasi mandiri yang diawasi Puskesmas Gambok.

Mereka diimbau tidak keluar rumah dan mematuhi prosedur kesehatan hingga hasil pemeriksaan swab keluar pada beberapa hari ke depan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00