Kedisiplinan Warga Penentu Masa Transisi New Normal

KBRN, Jakarta: Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan tingkat kedisiplinan masyarakat pada aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Ibukota menjadi kunci menuju normal baru dalam menjalani masa Pandemic Covid 19 kedepan.

Hal ini disampaikan Gubernur DKI saat mendampingi Presiden RI, Joko Widodo meninjau pelaksanaan protokoler PSBB di Stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (26/5/2020). 

“Jadi yang menentukan PSBB ini diperpanjang atau tidak sebenarnya bukan pemerintah atau para ahli yang menentukan, adalah perilaku masyarakat di wilayah PSBB. Bila masyarakat memilih taat, maka PSBB bisa berakhir. Bila tidak, ya terpaksa PSBB harus diperpanjang,” ucap Gubernur.

Anies berharap PSBB tahap ketiga ini menjadi pembatasan yang terakhir kalinya diterapkan Jakarta dan masyarakat juga bisa bersiap untuk memasuki fase-fase new normal usai PSBB berakhir di 4 Juni 2020 mendatang.

 “Mudah-mudahan tanggal 4 Juni nanti menjadi masa akhir PSBB. Lalu kita bisa mulai transisi normal baru. Nanti akan kita umumkan protokol-protokol di setiap sektor, dari mulai protokol kegiatan perekonomian, peribadatan, sosial, budaya. Sehingga kita bisa menjalani kehidupan baru kita sambil mencegah penularan COVID,” tuturnya.

Untuk itu menurutnya penegakan kedisiplinan masa PSBB ini juga memerlukan kerja sama semua pihak, yakni aparat TNI dan Polri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00