Banyumas Diterjang Banjir dan Tanah Longsor

KBRN, Banyumas : Belasan titik di Kecamatan Gumelar, Kabupaten Banyumas, mengalami banjir dan tanah longsor, Sabtu ( 4/4/2020) sore hingga malam hari.

Banjir dan tanah longsor ini terjadi akibat hujan deras yang melanda wilayah tersebut, sejak Sabtu siang.

Komandan Tagana Banyumas, Heriana Adi Chandra mengatakan di Desa Gumelar, terdapat dua rumah yang terdampak tanah longsor. Satu diantaranya anggota keluarga mengungsi, akibat rumah mereka rusak akibat tertimbun tanah longsor.

Longsor juga terjadi di Desa Samudra Kulon, terdapat dua rumah mengalami kerusakan. Tiga rumah terdampak tanah longsor di Desa Cihonje, dan dua rumah tertimpa tanah longsor di Desa Ganjang.

Lanjut Heriana, longsor juga terjadi di sejumlah titik di ruas jalan yang menghubungkan Ajibarang-Gumelar.

Selain itu banjir mengenangi sejumlah desa di wilayah Gumelar. Salah satunya terparah di Korwilcam Dinas Pendidikan Gumelar, air setinggi 1 meter masuk ke dalam gedung dan rumah.

"Sabtu malam kita melakukan pendataan, Minggu pagi kita lakukan pembersihan. Beruntung rumah yang terdampak tanah longsor, hanya bagian belakang. Hanya satu yang rusak parah, sehingga satu keluarga mengungsi," kata Heriana.

Ditambahkan oleh Heriana, longsor juga terjadi di Desa Cingebul Kecamatan Lumbir. Satu jembatan penghubung antar RT rusak, serta satu SD di desa tersebut tergenang banjir.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00