Sungai Babura Meluap, Banjir Rendam Puluhan Rumah Warga

KBRN, Medan: Luapan sungai Babura pada Sabtu (15/2/2020) pagi, menyebabkan puluhan rumah warga di Kecamatan Medan Johor terendam banjir.

Bahkan hingga pukul 10.10 WIB, volume air akibat luapan sungai terus naik dan telah merendam rumah warga khususnya di sepanjang pinggir Sungai Babura.

Dari informasi yang diperoleh RRI Medan dari warga Lingkungan III Kelurahan Kuala Bekala, Kecamatan Medan Johor, Sabriandi Erdian (41), air merendam rumah warga akibat luapan Sungai Babura sejak pukul 08.00 WIB.

Bahkan, saat ini tinggi volume air semakin naik. Hujan juga masih mengguyur kota Medan.

"Hujan masih turun dan air sungai naik sedikit demi sedikit. Kita belum tahu bagaimana air di hulu apakah deras atau tidak," ujar pria yang akrab disapa Andi ini.

Andi menjelaskan, sekira pukul 06.35 WIB, sungai Babura mulai berubah warna dengan membawa material sampah.

Luapan air sungai karena sudah mulai menggenangi rumah warga, mereka membereskan barang-barangnya agar tidak terkenak air sungai yang meluap.

Menurut pengakuan Andi, Seringnya terjadi banjir di daerah ini membuat warga mengeluh. Jika hujan lebat sebentar saja, maka sungai Babura segera meluap dan menggenangi rumah warga.

"Tepatnya tadi sekitar 08.02 air sungai sudah memasuki rumah warga dan kejadian daerah sini sudah sering terjadi. Pertama, kedalaman sungai sudah tidak seperti dulu lagi disebabkan banyak warga yang membuang sampah ke sungai, padahal mobil pengangkut sampah datang menjemput kadang sekali dalam seminggu dan kadang dua kali dalam seminggu.

"Kebiasaan yang terjadi, jika banjir sudah menimpa rumah warga,  posko dari kelurahan ada,  dan jika sei babura dihubungkan ke jalan Luku maka,  poskonya di Mesjid Musttaqin.  Kalau mesjid Muslimin di Gg Jaya/Damai sudah masuk air sungainya," tambahnya.

Sementara itu, hujan yang mengguyur kota Medan dan sekitarnya sejak pukul 07.30 pagi, juga menyebabkan rumah di sejumlah Kecamatan di Medan digenangi air. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00