Cuaca Ekstrem, 13 Kecamatan di Banyuwangi Rawan Longsor

KBRN, Banyuwangi : Potensi cuaca ekstrem dengan intensitas hujan sedang hingga lebat, yang akan terjadi dalam beberapa hari kedepan, membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menwaning potensi bencana tanah longsor 3 kecamatan  diwilayah setempat.

Berdasarkan peta kerawananan bencana BPBD, 13 kecamatan tersebut mayoritas berada di daerah pegunungan, seperti Kalibaru, Glenmore, Licin, Sempu, Songgon, Kabat, Kalipuro, Giri dan Wongsorejo, dan beberapa kawasannya memiliki kemiringan diatas 30 derajat, sehingga berpotensi terjadi longsor saat hujan deras di wilayah setempat.

 

Kepala Bidang kedaruratan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Eka Muharram mengatakan, kondisi cuaca seperti saat ini perlu kewaspadaan masyarakat yang berada diwilayah pegunungan terhadap bencana tanah longsor, mulai dari Wongsorejo hingga Kalibaru.

"Untuk Longsor kita etakan ada 13 kecamatan, dan moyoritas berada didaerah pegunungan, yang memiliki kemiringann hingga 30 derajat," ungkap Eka Muharram, Rabu (15/1/2020).  

Sebagai langkah antisipasi  BPBD Banyuwangi, sudah menyiagakn Tim Reaksi Cepat (TRC), yang siaga selama 24 jam, udisetiap kecamatann, ntuk melakukan antisiasi dan pertolongan apabila ada bencana.

"Kita sudah siapkan Tim TRC disetiap kecamatan dan di BPBD selama 24, merka kita bagi 3 shif sehingga selalu siap terjun dalam meberikan pertolongan," jelas Eka Muharram.  

Sebagai langkah antisipasi, BPBD Banyuwangi sudah melakukan koordinasi dengan beberapa instansi serta memasang spanduk dan rambu - rambu himbau bahaya longsor, hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir jumlah korban apabila bencan terjadi, dan menyiagakan beberapa alat berat, untuk mempercepat proses evakuasi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00