BNPB : Wilayah Lebak Banten Disapu Banjir Bandang

KBRN, Jakarta : Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan longsor dan diikuti banjir bandang melanda 30 desa di enam kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten.

Dominasi lokasi bencana adalah di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciberang.

Hal itu berdasarkan pantauan udara yang dilakukan Tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Selasa (14/1/2020)  untuk melihat lokasi banjir bandang dan longsor di Kabupaten Lebak, Banten.

"Dari atas helikopter BNPB terlihat semua yang ada di kiri kanan sungai habis disapu banjir bandang hingga Waduk Karian," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/1/2020).

"Terlihat juga berbagai titik longsor di kawasan hulu baik ukuran kecil maupun besar. Juga puluhan titik aktivitas penambangan emas ilegal yaitu di Gunung Julang di Kecamatan Lebak Gedong," tambahnya.

Banjir bandang dan longsor ini, menurut Agus menyebabkan  2.162 rumah yang rusak berat, sedang dan ringan.  24 jembatan putus. Sedangkan total pengungsi sebanyak 1.392 KK atau sebanyak 5.106 jiwa.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00