Sejumlah Wilayah Di Kabupaten Bandung Mulai Disergap Banjir

KBRN, Soreang : Akibat hujan deras yang mengguyur sepanjang Jumat ( 6/12/19) siang hingga malam, sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung kembali terendam banjir. Yang paling parah terjadi di Kampung Cirawa Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari.

Di daerah tersebut, banjir bandang selain menggenangi pemukiman warga, juga sempat menyapu dan membuat hanyut empat buah sepeda motor yang sedang dikendarai warga. Potongan video  saat sepeda motor tersebut hanyut di jalan raya bahkan sempat Viral dan menyebar di Media Sosial. Kapolsek Kertasari Kabupaten Bandung Ipda Yoni kepada RRI Sabtu (07/12/19)  menjelaskan, saat ini endapan lumpur akibat banjir bandang sudah mulai surut dan sedang dibersihkan petugas gabungan.

" Alhamdulillah saat ini sudah surut dan kami petugas gabungan dari TNI, Polri, BPBD dibantu relawan dan masyarakat sedang membersihkan lumpur terutama yang menutup badan jalan," terangnya.

Meski sudah bisa dilalui, namun pengguna jalan dihimbau untuk berhati- hati karena kondisi jalan licin.

" Lumpurnya masih ada, sehingga terpaksa arus lalu lintas harus antri. Tidak ada korban jiwa, hanya empat motor saja yang hanyut tapi itu juga sudah ditemukan kembali.  Penyebabnya selain hujan besar  yang turun tiba- tiba, juga karena pola tanam para petani yang salah, sehingga tanah menjadi gembur dan gampang tergerus terbawa air saat hujan," pungkas Kapolsek Kertasari Ipda Yoni.

Selain banjir bandang di Kertasari, hujan yang turun sepanjang Jumat, juga menggenangi pemukiman warga di sejumlah daerah langgan banjir di Kabupaten Bandung.

Sejauh pantauan RRI, desa Kamasan di Kecamatan Banjaran merupakan daerah paling parah. Selain menggenangi pemukiman warga, tinggi muka air yang mencapai 1 meter lebih juga sempat melumpuhkan arus lalu lintas  dari Banjaran menuju Ibukota Kabupaten Bandung di Soreang sepanjang Jumat malam hingga Sabtu pagi.

Debit air di sungai Citarum dan anak- anak sungainya terlihat mulai naik. Melihat kondisi tersebut,  Masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir dan longsor diminta waspada, karena hujan saat ini hampir setiap hari turun di Kabupaten Bandung. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00