BPBD Buleleng Siapkan Relawan Desa dan Kelurahan

KBRN, Singaraja : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng secara bertahap melakukan peningkatan kapasitas kebencanaan, salah satunya dengan menyiapkan relawan bencana di desa dan kelurahan.

Penguatan pengetahuan dan wawasan berkaitan dengan kebencanaan, Rabu (4/12/2019) diberikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng kepada 50 relawan Desa dan Kelurahan yang berasal dari Kecamatan Buleleng, Sukasada dan Banjar di Aula Kantor BPBD Buleleng, selain itu juga diberikan materi berkaitan dengan pertolongan pertama oleh PMI Kabupaten Buleleng.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Suadnyana di sela-sela pelaksanaan kegiatan mengatakan, kegiatan yang dikemas melalui Bimbingan Tekhnis Kebencanaan untuk relawan desa dan kelurahan merupakan upaya edukasi dan juga penanganan terhadap bencana yang menjadi ancaman di masing-masing wilayah desa dan kelurahan.

“Dengan adanya bimtek ini, bagi relawan desa menambah pengetahuan mereka. Walaupun sebenarnya mereka sudah mempunyai pengetahuan. Kita melihat relawan desa ini menjadi pioneer bagi keselamatan desa/kelurahan yang bersangkutan,” ungkapnya

Dalam kegiatan yang berlangsung selama sehari itu, BPBD Buleleng memberikan materi pencegahan dan penanganan bencana termasuk potensi kerawanan bencana di Kabupaten Buleleng. Dalam program yang dilakukan BPBD Buleleng itu membagi peserta dalam tiga kelompok untuk pelaksanaan kegiatan yang dilakukan secara bertahap.

Pada kegiatan Bimtek pertama melibatkan relawan desa dan kelurahan dari Kecamatan Tejakula, Kubutamban dan Sawan. Pada hari kedua relawan Desa dan Kelurahan yang berasal dari Kecamatan Buleleng, Sukasada dan Banjar serta terakhir melibatkan relawan dari Kecamatan Seririt, Busungbiu dan Gerokgak.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00