Hadapi Musim Penghujan, BPBD Sukoharjo Petakan Daeran Rawan Banjir

KBRN, Sukoharjo : Musim hujan yang ditunggu-tunggu telah tiba. Beberapa Wilayah di Solo raya sejak satu minggu terakhir sudah mulai diguyur hujan meski belum merata.

Namun paling tidak hujan yang turun itu mampu memberikan angin segar setelah kemarau yang cukup panjang.

Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Sukoharjo Sri Maryanto meminta kepada masyarakat untuk  tetap mewaspadai angin kencang diawal musim penghujan ini.

“ Kepada masyarakat kami menghimbau untuk melakukan berbagai langkah seperti mencek kembali rumah di bagian atap, pemangkasan pohon terutama ranting yang sudah mulai rimbun serta rekahan tanah di daerah perbukitan atau tanggul sungai untuk segera ditutup ,” ungkap Sri Maryanto kepada RRI, Rabu (04/12/2019).

Khusus rekahan tanah dikatakan Sri Maryanto jika  tidak ditutup dapat berpotensi longsor.

“ Untuk rekahan tanah mohon dapat langsung ditutup sebagai antisipasi tongsor , tukasnya.

Kendati intensitas curah hujan masih belum tinggi, namun BPBD Sukoharjo sudah memetakan daerah rawan banjir. Terutama di daerah Sukoharjo Kota.

“ Kami sudaha memetakan daerah rawan banjir. Seperti di Desa Jetis, Sukoharjo dan kampung sebelah barat Alun-Alun Satya Negara ,” tuturnya.

Menurutnya, pemetaan banjir juga dilakukan di kecamatan lain. Yakni  Grogol, Polokarto, Mojolaban dan Sukoharjo. Terutama di daerah yang dilintasi Kali Langsur, Kali Samin dan Sungai Bengawan Solo.

“Warga yang tinggal di daerah rawan banjir diminta selalu waspada ,” ungkapnya.

Menurut Sri Maryanto, BPBD Sukoharjo juga menjalin koordinasi dengan pihak terkait termasuk Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo PUPR.

Plt DPUPR Pemkab Sukoharjo Bowo Sutopo Dwi Atmojo menjelaskan, rehabilitasi drainase telah dilakukan di kawasan Sukoharjo Kota, Bekonang-Mojo, Jalan Slamet Riyadi, Kartasura dan Bulakrejo.

“ Kami berharap masyarakat sadar ikut menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah ke saluran air ,” pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00