Komisi IV Dorong Desa Peduli Gambut Atasi Karhutla dan Lahan Gambut

KBRN, Jakarta : Anggota Komisi IV DPR RI, Sunarna menyatakan, peran mencegah kebakaran hutan dan lahan serta penanganan lahan gambut perlu melibatkan masyarakat desa-desa. Hal ini dikatakannya saat Rapat Dengar Pendapat mengenai penanganan karhutla serta upaya restorasi lahan gambut.

Sunarna yang merupakan politisi dari Fraksi PDI P ini mendorong peran 262 Desa Peduli Gambut untuk mencegah karhutla dan menangani lahan gambut sekitar 3,2 hektar di Indonesia. Menurutnya selain memberikan pendampingan, pembangunan desa juga harus diperhatikan oleh BRG agar keberlanjutan sosial dan ekonomi desa terus mendukung program BRG.

"Berapa yang kita berikan reward untuk desa desa apabila nanti bisa menangani lahan gambut, apa mereka diberikan bantuan per desa apabila bisa menghindari dan menangani lahan gambut, per desa 500 juta hingga 1 milyar, sehingga punya harapan besar pembangunan di desa," ungkap Sunarna di Gedung DPR RI, Jakarta, pada Selasa (3/12/2019).

BRG menyebut sebanyak 262 Desa Peduli Gambut tersebar pada 69 desa di Kalimantan Tengah, 49 desa di Riau, 43 desa di Sumatera Selatan dan 8 desa di Papua. Nazir Foead optimis 262 Desa Peduli Gambut dapat mencegah kebakaran hutan dan lahan sekitar 3 juta hektar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00