Gunung Lemongan Berguncang, Masyarakat Diimbau Melipir ke Tenda Darurat

KBRN, Lumajang: Gunung Lemongan belakangan mengalami guncangan gempa. Pemerintah daerah setempat meminta masyarakat untuk tenang, namun tetap waspada.

Adapun guncangan gempa terjadi di sekitar lokasi gunung pada Rabu (13/11/2019) lalu. Saat itu, sejumlah rumah di sekitar Desa Sumberpetung mengalami kerusakan ringan.

Pemkab Lumajang menyampaikan warga sekitar untuk terus mengamati aktivitas gunung merapi tersebut dari info pihak-pihak terkait. Pasalnya, bisa saja aktivitas gempa susulan terjadi.

“Gempa yang dirasakan masyarakat sekitar Gunung Lemongan bukan dari aktivitas gunung, tetapi masyarakat tetap harus waspada,” tulis keterangan pers pihak pemkab setempat, Minggu (17/11/2019).

Sementara itu, berdasarkan info dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat bahwa gempa terjadi di sekitar gunung tersebut berada pada Skala III MMI(Modified Mercally Intensity).

“Gempa serupa pernah terjadi pada tahun 2012 dengan lokasi rumah yang terdampak sama. Bukan dari aktivitas gunung, tapi ini merupakan ulangan, pernah terjadi tahun 2012,” lanjut keterangan pers.

Adapun hingga saat ini aktivitas guncangan kecil beberapa kali masih dirasakan. Pemkab Lumajang pun telah menyiapkan tenda dan tempat pengungsian.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00