Pohon Tumbang di Padang Tidak Timbulkan Korban

Pembersihan pohon tumbang oleh petugas di Padang, Sabtu (28/5/2022). Istimewa.jpg

KBRN, Padang: Puluhan pohon tumbang di Padang, Sumatera Barat tidak menimbulkan korban. 

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang Basril memastikan itu, sekalipun ada pohon yang menimpa rumah warga. 

“Beruntug tidak ada korban jiwa," ucap Basril (Sabtu, 28/5/2022).

Perlu diketahui, sedari Jumat malam, akibat hujan deras dan angin kencang, hingga Sabtu dini hari tadi, tercatat setidaknya ada 20 pohon tumbang di Kota Padang, di antaranya di Kelurahan Lolong Belanti, Muaro Lasak, Kelurahan Pasie Nan Tigo dan di Kawasan Bukit Lampu Jalan Raya Padang-Painan.

Basril menyebutkan, hingga pagi tadi, petugas di lapangan masih melakukan pembersihan. Dalam melakukan pembersihan, pihaknya menurunkan 3 regu dari BPBD Padang dengan jumlah personel keseluruhannya sebanyak 39 orang dan dibantu Dinas Lingkungan Hidup dan pihak kecamatan, serta sejumlah masyarakat setempat.

“Kita berjibaku bersama-sama meevakuasi pohon ini. Personel kita kerahkan semuanya, karana membersihkan pohon-pohon ini tidakbisa dikerjakan semuanya satu jam atau dua jam,” katanya. 

Dengan kondisi cuaca tidak menentu, Basril mengimbau masyakarat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan. 

"Sebagai contoh, ketika hujan turun, untuk berhati-hati ketika melintasi kawasan yang banyak pepohonan dan tidak memarkirkan kendaraan di bawah pohon yang rentan tumbang," tukasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar