FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Presiden Jokowi Menyoroti Dampak Musim Kemarau

Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan. (Dok. Antara Foto)

KBRN, Jakarta: Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan peringatan kepada jajaran menteri untuk mewaspadai musim kemarau yang akan terjadi dalam beberapa bulan ke depan.

Peringatan tersebut disampaikan Jokowi saat memberikan pengarahan dalam Sidang Kabinet Paripurna yang digelar di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Hati-hati mengenai musim kemarau," kata Jokowi, seperti dikutip Selasa (10/5/2022).

Jokowi mengatakan, musim kemarau dapat memicu kebakaran hutan dan lahan.

Presiden Jokowi menegaskan, tidak ingin lagi aparat tidak siap dalam menghadapi ancaman musim kemarau yang berpotensi menyebabkan kebakaran hutan dan lahan.

Selain itu, Jokowi juga menyoroti mengenai penyakit kuku dan mulut. 

Bahkan, Jokowi secara khusus meminta kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk melakukan sejumlah langkah antisipasi.

"Saya minta ini Menteri Pertanian, segera dilakukan lockdown zonasi, lockdown di wilayah, sehingga mutasi ternak dari satu tempat ke tempat yang lain. Atau pergerakan ternak dari kabupaten ke kabupaten, apalagi provinsi ke provinsi betul-betul bisa dicegah," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menginstruksikan aparat kepolisian turut serta dalam menjaga pergerakan hewan ternak dari sejumlah daerah sudah dinyatakan penyakit mulut dan kuku.

"Bentuk satgas, sehingga jelas siapa yang nanti bertanggung jawab," kata Jokowi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar