FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Antisipasi Banjir, Sungai di Kota Bula Dikeruk

KBRN, Bula:  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) melakukan upaya mengantisipasi banjir. Untuk itu,  sungai di kota Bula, kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) mulai dikeruk.

Pengerukan dimulai di sungai Wailola yang lokasinya berada di tengah kota Bula.

Pantauan RRI.co.id, sebanyak satu unit eksavator dikerahkan untuk melakukan pengerukan sedimentasi tanah serta batu yang berada di aliran sungai tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Umar Bilahmar mengatakan, pengerukan sungai tersebut baru dilakukan karena terkendala eksavator.

"Selama satu minggu ini saya.usaha eksavator bergerak ke sana kemari kemarin baru kita dapat dan hari ini baru kita bergerak ini," ujarnya kepada wartawan di lokasi," Sabtu (22/1/2022).

Bilahmar menambahkan, selain sungai Wailola, pengerukan juga akan dilakukan di beberapa titik aliran sungai di kota Bula seperti dusun Waigondal dan komplek Pantai Tikus.

Menurut Bilahmar, untuk mempercepat proses pengerukan aliran sungai, pihaknya berencana menambah satu unit lagi eksavator.

Namun hal itu, masih perlu dikoordinasikan lebih lanjut dengan pihak-pihak yang memiliki alat berat tersebut.

"Untuk sementara kita gunakan satu dulu untuk mengatasi banjir jangan sampai banjir lagi," jelasnya.

Bilahmar mengatakan, dengan pengerukan, diharapkan banjir yang terjadi akibat meluapnya aliran sungai di kota Bula selama ini dapat dicegah. (imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar