FOKUS: #TANGGAP BENCANA

15 Kecamatan Wilayah Lebak yang Terdampak Gempa

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6.6 mengguncang Barat Daya Sumur, Pandeglang, Banten, Jumat (14/1/2022) kemarin. Menurut informasi yang dihimpun RRI.co.id hingga Sabtu (15/1/2022) siang, total 15 kecamatan di Kabupaten Lebak yang terdampak gempa. (Dok. BNPB)

KBRN, Pandeglang: Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6.6 mengguncang Barat Daya Sumur, Pandeglang, Banten, Jumat (14/1/2022) kemarin.

Menurut informasi yang dihimpun RRI.co.id hingga Sabtu (15/1/2022) siang, total 15 kecamatan di Kabupaten Lebak yang terdampak gempa.

Lima belas kecamatan di Kabupaten Lebak yang terdampak gempa itu adalah Rangkasbitung, Cibadak, Gunung Kencana, Wanasalam, Cihara, Malingping, Banjarsari, Sobang, Cirinten, Cikulur, Bayah, Lebakgedong, Leuwidamar, Cijaku dan Cigemblong.

Selain itu, BPBD Kabupaten Lebak mencatat ada 33 desa yang terdampak gempa, lima sekolah, dan masjid yang rusak.

BACA JUGA: Bupati Pandeglang: Korban Gempa Mulai Pulang Rumah

Sebelumnya, Berdasarkan keterangan resmi BNPB yang diterima RRI.co.id, Sabtu (15/1/2022), berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, gempa dirasakan kuat selama 4-5 detik di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten. 

Warga sempat berhamburan keluar rumah saat merasakan kuatnya guncangan.

Sementara itu, laporan visual yang dihimpun dari lapangan, beberapa rumah warga di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Munjul Kabupaten Pandeglang, mengalami kerusakan di bagian atap dan teras.

Guncangan gempabumi juga dirasakan hingga wilayah Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya. 

BACA JUGA: BNPB Minta Pendataan Segera Korban Gempa Banten

Beberapa warga maupun pegawai kantor sempat berhamburan keluar gedung untuk menyelamatkan diri saat terjadi gempabumi.

BPBD Kabupaten Cianjur juga melaporkan bahwa guncangan gempabumi itu juga sempat dirasakan di wilayah Kabupaten Cianjur dan sekitarnya.

Adapun BPBD Kabupaten Lampung Barat juga melaporkan hal yang sama, bahwa guncangan gempabumi dirasakan hingga 2-3 detik di wilayah Kabupaten Lampung Barat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar