FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Bupati Pandeglang: Korban Gempa Mulai Pulang Rumah

Bupati Pandeglang, Irna Narulita, menyampaikan, bahwa setidaknya ada sekitar 200 warga yang mengungsi akibat terdampak gempa Banten. Namun, Irna memastikan bahwa sebagian besar mereka saat ini telah kembali ke rumah masing-masing. (Dok. BNPB)

KBRN, Pandeglang: Bupati Pandeglang, Irna Narulita, menyampaikan, bahwa setidaknya ada sekitar 200 warga yang mengungsi akibat terdampak gempa Banten.

Namun, Irna memastikan bahwa sebagian besar mereka saat ini telah kembali ke rumah masing-masing.

“Mereka telah kembali ke rumah,” ungkap Irna melalui keterangan resmi BNPB yang diterima RRI.co.id di Jakarta, Sabtu (15/1/2022).

Namun begitu, meski sebagian besar sudah kembali ke rumah, Letjen TNI Suharyanto berharap agar pemerintah daerah tetap memastikan kebutuhan dasar warga tersebut dapat terpenuhi. 

BACA JUGA: BNPB Minta Pendataan Segera Korban Gempa Banten

Dia juga menekankan agar seluruh pihak dan jajaran pemerintah Kabupaten Pandeglang menyisir kebutuhan warga lainnya hingga ke tingkat RT dan RW.

“Yakinkan bahwa kebutuhan dasarnya terpenuhi, tolong dicek betul sampai ke RT-RW,” ujar Suharyanto saat melakukan rapat koordinasi dengan Bupati Pandeglang, Sabtu (15/1/2022).

Usai melakukan rapat koordinasi, Kepala BNPB beserta rombongan bersama Anggota DPR RI Komisi VIII Muhammad Rizal dan M. Husni, Bupati Kabupaten Pandeglang, Irna Narulita, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, Girgi Jantoro, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pandeglang dan jajaran pemerintah Kabupaten Pandeglang menuju ke Kecamatan Sumur untuk meninjau lokasi terdampak gempa Banten 6.6 Magnitudo.

Adapun menurut laporan Bupati Irna Narulita yang disampaikan kepada Kepala BNPB, ada sebanyak 1.100 rumah rusak yang meliputi 617 unit rusak ringan, 269 unit rusak sedang dan 214 unit rusak berat. 

Selanjutnya ada 13 gedung sekolah yang mengalami rusak sedan termasuk 14 fasilitas kesehatan, 3 kantor pemerintahan, 4 tempat ibadah dan 1 tempat usaha.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar