Tiga Kecamatan di Aceh Selatan Tergenang Banjir

KBRN, Jakarta: Banjir yang melanda beberapa kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, masih terpantau pada beberapa desa di tiga kecamatan. Pada Kecamatan Kluet Tengah, tinggi muka air berangsur surut dari tinggi muka air 80 menjadi 30 cm.

 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Selatan menginformasikan desa terdampak di Kecamatan Kluet Tengah yaitu di Desa Jamboe Papeun dan Jambo Teka. Sedangkan pantauan di Kecamatan Kluet Utara dan Kluet Selatan air mulai naik. BPBD menyampaikan banjir menggenangi badan jalan di beberapa desa, antara lain Desa Kuede Padang, Desa Ujung Pasir dan Desa Keude Runding.

Banjir terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan debit air Sungai Kluet meluap pada Selasa siang (21/12), pukul 14.38 WIB. Saat banjir terjadi tinggi muka air terpantau 20 hingga 100 cm.

BPBD setempat mendata sebanyak 70 KK atau 140 terdampak peristiwa ini. TIdak ada korban jiwa maupun warga yang mengungsi akibat kejadian ini. Personel BPBD yang dibantu TNI, Polri, aparat kecamatan dan desa bersiaga apabila ada warga yang membutuhkan evakuasi ke tempat yang aman.

Menyikapi banjir yang masih berlangsung, Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Ph.D.  mengharapkan pemerintah daerah dan masyarakat waspada dan siap siaga terhadap potensi banjir susualn.

“Berdasarkan pantauan prakiraan cuaca di tiga kecamatan terdampak, Rabu (22/12), hujan masih berpeluang dengan intensitas ringan hingga sedang,” kata Abdul dalam siaran pers BNPB.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar