Riza Klaim Banjir Rob Pesisir Jakarta Surut

KBRN, Jakarta: Wakil Gubernur Jakarta, Ahmad Riza mengklaim banjir rob di pesisir Ibukota telah berangsur-angsur surut. Menurutnya kondisi itu tak lepas dari upaya pembangunan tanggul yang dikerjakan bersama dengan pemerintah pusat.

"Banjir rob itu kan seperti yang sudah disampaikan alhamdulillah sudah surut upayanya tidak lain adalah pembangunan tanggul. Sekarang ini sedang dikerjakan pembuatan tanggul yang menjadi kewajiban pempus dan pemprov dki melalui Dinas SDA," tutur Riza di Balai Kota Jakarta, Selasa (12/7/2021).

Riza menjelaskan, pembangunan tanggul memerlukan waktu dan biaya. Namun ia memastikan sejauh ini penanganan banjir rob di pesisir Jakarta masih terkendali, termasuk telah siapnya mekanisme penanganan para pengungsi ketika air kembali menggenang. 

"Terus dikerjakan dan ini memang memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Namun prinsipnya kami upayakan pembangunan tanggul yang ada di kawasan utara di samping itu yang harus diungsikan sudah kita ungsikan. Sejauh ini sudah bisa dikendalikan dengan baik," jelasnya.

Terakhir ia menegaskan, pembangunan tidak hanya melibatkan Pemerintah Pusat saja, tapi juga Swasta. Ia menekankan pelibatan Swasta itu memang telah diatur dan menjadi suati kewajiban.

"Itu memang ada kewajiban dari pemerintah pusat dan juga berhubungan dengan pihak swasta," tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta Muhammad Insyaf mengungkapkan ada sebanyak 15 RT di DKI Jakarta terendam banjir rob pada Senin, (6/12/2021). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat 11 RT wilayah Jakarta Utara, dan 4 RT wilayah Jakarta Barat.  (imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar