Erupsi Semeru, Khofifah: Semua Membantu Lumajang

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (Dok. Ist)

KBRN, Surabaya: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa langsung melakukan koordinasi untuk segera mengetahui kondisi dan situasi warga maupun lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang. 

"Tagana bergerak. Lagi dicek infrastruktur yang dari Malang ke Lumajang. Karena ada info jembatan yang mungkin dicek ulang lah," ujarnya sesuai hadiri Paripurna, Sabtu (4/12/2021). 

Dijadwalkan, Khofifah akan langsung bergerak menuju Lumajang, guna meninjau kondisi dan situasi yang ada. Oleh karenanya, Khofifah belum secara gamblang mengungkap keadaan pasca erupsi. 

"Kalau aku sudah di sana, aku bisa cerita detail. Kalau ini kan koordinasi kita ya telphone, ya foto foto," ujarnya. 

Namun Khofifah memastikan, penanganan erupsi Gunung Merapi di Lumajang, akan melibatkan semua pihak. Tak terkecuali Bupati Walikota terdekat, dikatakannya siap menurunkan bantuan. 

"Tapi bahwa, Insya Allah Bupati Walikota sudah terkonfirmasi, mereka akan gotong royong lah membantu Lumajang," katanya. 

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Timur (BPBD Jatim), pada hari Sabtu, 4 Desember 2021 pukul 15.00 WIB, terjadi peningkatan Aktivitas Gunung Berapi Semeru, berupa Awan Panas Guguran. 

Para pengungsi kini berada di Desa Sumberwuluh, dan masih dalam pendataan. Sementara lokasi yang terdampak antara lain, Desa Supiturang dan Desa Curah Kobokan di Kecamatan Pronojiwo, dan Desa Sumberwuluh di Kecamatan Candipuro.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar