Waspada, Banjir Rob Berpotensi Menggenangi Jakut

KBRN, Jakarta: Fenomena Banjir Rob atau air pasang akut berpotensi menggenangi beberapa kawasan di Jakarta Utara (Jakut). 

Hal tersebut langsung di sampaikan stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Tanjung Priok Jakarta yang mengeluarkan peringatan dini adanya banjir rob di pesisir Jakarta Utara. Masyarakat yang tinggal di daerah pesisir, khususnya kawasan Jakut diimbau waspada fenomena pasang maksimum air laut selama sepekan.

"Diimbau waspada adanya fenomena pasang maksimum air laut pada tanggal 2-9 Desember 2021," kata Prakirawan BMKG Arinda Rizky dalam keterangannya, Rabu (1/12/2021).

Arinda menjelaskan, fenomena banjir rob diperkirakan terjadi di wilayah Penjaringan dan Pademangan, termasuk di kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa. Banjir rob ini diakibatkan adanya aktivitas pasang air laut pada fase bulan baru.

Seiring dengan hal itu, diperkirakan bakal terjadi fenomena alam lainnya seperti peningkatan curah hujan serta potensi angin kencang yang dapat memengaruhi dinamika pesisir di wilayah utara Jakarta.

"Adapun puncak pasang maksimum di pesisir utara Jakarta terjadi pukul 8.00-12.00 WIB," ucap Arinda.

Lebih lanjut Arinda menambahkan, banjir rob dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG," tambahnya.

Foto: Ilustrasi/ Istimewa

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar