FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Intensitas Hujan Tinggi, NTB Lakukan Antisipasi Bencana

Banjir menghantui wqrga Dompu, saat musim penghujan.jpg

KBRN, Dompu: Hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi, mulai melanda Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Intensitas hujan yang terjadi hampir setiap hari ini, terkadang disertai dengan angin kencang.

Kepala Satlak BPBD Kabupaten Dompu, Tajudin HIR mengatakan, Kabupaten Dompu, merupakan salah satu daerah di indonesia, dengan ancaman bencana tinggi. Warga yang mendiami bantaran sungai, pinggir tebung dan perbukitan, diminta untuk waspada.

"Berkaca pada tahun lalu, kondisi ini bisa berpotensi terjadinya bencana. Dan potensi itu terbuka lebar di daerah kita," katanya, Minggu (28/11/2021).

Wilayah-wilayah yang menjadi langgan banjir, lanjut Tajudin, di kecamatan Kempo yakni di Desa Ta'a dan Desa Tolokalo. Di Kecamatan Hu'u seperti Desa Hu'u, Daha dan Desa Cempi Jaya.

Di Kecamatan Kilo yang memiliki potenai banjir gunung ada di Desa Malaju, sementara di Kecamatan Manggelewa, selain ancaman banjir di Desa Kwangko, juga wajib diwaspadai longsor di wilayah Nanga Tumpu.

"Tahun lalu, di Nanga Tumpu juga sudah memakan korban. Dua pengendara motor, tewas tertimpa longsoran batu," jelasnya.

Mantan Kadis Sosial Kabupaten Dompu ini menjamin, ketersediaan logistik untuk tanggap darurat, sudah mencukupi. Untuk alat-alat bantuan berupa selimut dan tikar, sudah tersedia dan di simpan di gudang logistik BPBD.

Sementara untuk bahan makanan, dari informasi yang didapat BPBD dari Dinas Sosial, logiatik makanan, juga jauh mencukupi. Bahan makanan untuk tanggap darurat ini, sementara di titipkan di gudang-gudang milik swasta.

"Jika nanti terjadi bencana, tinggal kita DO saja karena sudah mita bayar selama satu tahun," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar