FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Musim Penghujan, Pemprov DKI Gencar Antisipasi Banjir

Wakil Walikota Jakarta Selatan, Isnawa Aji melakukan Penanaman Pohon di RPTRA Cinta Aselih, Jagakarsa Jakarta Selatan, Minggu (28/11/2021). Foto : Lukman Tara/RRI

KBRN, Jakarta: Upaya Pemprov DKI Jakarta dalam mengantisipasi banjir dan genangan air terus dilakukan, salah satunya giat kerja bakti dan penanaman pohon di wilayah Cipedak Jagakarsa Jakarta Selatan yang dilaksanakan pada Minggu (28/11/2021).

Wakil Walikota Jakarta Selatan, Isnawa Aji mengatakan, memasuki musim penghujan dan antisipasi cuaca ekstrim, giat kerja bakti, membuat resapan dan penanaman pohon terus dilakukan. 

"Giat seperti ini sesuai arahan Gubernur yang menginginkan kita untuk mengantisipasi wilayah," ujar Isnawa Aji saat ditemui RRI.co.id saat giat Kerja Bakti dan Penanaman Pohon di Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Harus bisa siaga, tanggap dan galang terhadap antisipasi musim penghujan dan cuaca ekstrim," tambahnya.

Saat ditanya mengenai penertiban bangunan liar atau bangunan yang menyalahi aturan, yang menjadi salah satu penyebab banjir, Isnawa mengatakan penertiban bangunan sebagai upaya revitalisasi dari dampak pembangunan lingkungan.

Pertambahan jumlah penduduk dan keterbatasan lahan menjadi salah satu alasan daerah resapan air berubah fungsinya.

"Selain menertibkan bangunan yang menyalahi aturan, Pempov DKI Jakarta setiap tahunnya melakukan pembelian lahan-lahan warga untuk dijadikan daerah resapan air yang baru," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar