Pemkab Tangerang Siapkan 10 Posko Banjir

BPBD Kabupaten Tangerang siapkan posko banjir

KBRN, Kabupaten Tangerang : Dalam mengantisipasi musibah banjir, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang menyiapkan posko pantauan dan informasi di 10 titik. 

Selain itu dibentuk pula Desa Tangguh Bencana atau Destana untuk menghadapi bencana. 

"Di pos-pos pemantauan akan dilengkapi perahu karet, baju pelampung dan motor pompa," ungkap Abdul Munir, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang kepada rri.co.id, Jumat (22/10/2021). 

Sepuluh posko pantauan bencana itu akan dibangun di Kecamatan Kosambi, Pakuhaji, Sepatan, Mauk, Kronjo, Balaraja, Cisoka, Tigaraksa, Sepatan, Kelapa Dua dan Curug. 

Dia juga menegaskan, pada setiap desa telah disiapkan relawan yang sudah dibekali pengetahuan tentang kebencanaan. "Jadi tiap relawan juga pengurus bertanggung jawab untuk mengedukasi masyarakat seputar kebencanaan," ujarnya. 

Destana yang telah terbentuk di Kabupaten Tangerang yaitu sebanyak 107 dari total target sebanyak 274 Destana."Untuk pembangunan Destana ditargetkan hingga akhir 2023 dengan total 274 Destana di desa/kelurahan," kata Munir. 

Ia menambahkan, dalam bentuk kesiapsiagaan menghadapi terjadinya bencana, BPBD Kabupaten Tangerang telah menyiapkan Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana atau Pusdalops sebagai sistem informasi dan komunikasi penanggulangan bencana yang bekerjasama dengan Diskominfo melalui layanan nomor tunggal 112 untuk keadaan darurat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00