Kebakaran Lahan di Nagan Raya Belum Padam

Petugas gabungan melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Nagan Raya. Pemadaman lahan gambut ini terkendala sumber air. Foto : Dok BPBD

KBRN, Nagan Raya: Kebakaran lahan gambut masih belum padam di Kabupaten Nagan Raya, Aceh. Berdasarkan laporan Pusdalops  BPBD Nagan Raya pada Minggu (17/10/2021), proses pemadamanan mengalami kendala karena terbatas sumber air di lokasi kebakaran. 

Tercatat, luas kebakaran sudah mencapai 20 hektar. 

"Api belum padam, petugas gabungan masih melakukan pemadamam api. Sejauh ini sudah 90 persen lahan yang audah berhasil dipadamkan," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ilyas di Banda Aceh, Senin (18/10/2021). 

Sementara itu, Kasi Darurat BPBD Nagan Raya Sudirman mengatakan, BPBD Kabupaten Nagan Raya mengerahkan mesin pompa air ke lokasi kejadian. 

"Dalam proses pemadaman ini petugas mengalami kendala karena terbatasnya sumber air, kemudian sulitnya dipadamkan lahan gambut dan akses jalan yang susah dilalui," kata Sudirman. 

Lahan yang terbakar ini, sebutnya, merupakan lahan perkebunan kelapa sawit dan lokasi kebakaran juga sebagian masuk ke dalam kawasan hutan lindung. 

Menurutnya, kebakaran lahan gambut di Nagan Raya telah terjadi sejak Kamis (14/10/2021) pukul 16.15 WIB.

"Lokasi kebakaran berada di Desa Puloe Krot, Kecamatan Darul Makmur. Luas lahan terbakar ± 20 hektar," kata Sudirman. (imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00