FOKUS: #TANGGAP BENCANA ALAM

Jelang Musim Hujan, Jakarta Pusat Benahi Sungai

Kali Krukut, Jakarta Pusat, saat bersih dari sampah (Dok. Antara)

KBRN, Jakarta: Pemerintah Kota Jakarta Pusat mulai mengantisipasi banjir di musim penghujan.

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi, mengatakan, pihaknya mulai mengambil langkah pencegahan agar tidak terjadi genangan air maupun banjir di wilayah Jakarta Pusat.

"Sebelum adanya arahan dari pemerintah provinsi, kami sudah melakukan antisipasi terlebih dahulu dengan pengerukan Kali Krukut, dimana biasanya yang menjadi wilayah banjir," ungkap Irwandi saat dikonfirmasi RRI.co.id di Jakarta, Sabtu (16/10/2021).

Lebih lanjut Irwandi menjelaskan, bahwa faktor penyebab banjir ini dikarenakan masih rendahnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan terutama sungai.

Banyaknya warga yang membuang sampah di sungai ini menjadi salah satu penyebab utama terjadinya banjir. 

"Ketika tim lapangan melakukan pengangkutan sampah di sungai, pasti dalam beberapa jam kemudian sungai-sungai tersebut penuh kembali oleh sampah. Jadi sangat penting untuk masyarakat sadar akan kebersihan sungai agar terhindar dari banjir," pungkas Irwandi.

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat itu pun terus mengevaluasi mengenai edukasi yang wajib diberikan kepada masyarakat agar sungai di wilayah Jakarta Pusat dapat bersih dari sampah. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00