FOKUS: #TANGGAP BENCANA ALAM

Pemkot Jakbar Mulai Mengambil Langkah Antisipasi Banjir

Penanganan saluran air di kawasan Jakarta Barat (Dok. Antara)

KBRN, Jakarta: Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat (Jakbar) mengantisipasi banjir di beberapa lokasi menjelang musim hujan yang biasanya datang diakhir tahun.

Pemkot Jakbar menambah kapasitas saluran penghubung (PHB) di kawasan Duri Kepa, dimana upaya ini diyakini dapat mengantisipasi banjir saat musim hujan tiba nanti.

Penambahan PHB diharapkan bisa mengalirkan air secara optimal, guna mengurangi genangan di kawasan pemukiman penduduk.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat, Purwanti, mengatakan, selain wilayah Duri Kepa, langkah antisipasi banjir ini juga dilakukan di kawasan Green Garden, Rawa Buaya, dan Tegal alur, hingga Semanan.

“Yang pertama sih daerah Rawa Buaya, Semanan, kemudian Green Garden, Tegal Alur, sama Duri Kepa,” kata Purwanti, Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat, seperti dikutip RRI.co.id, Sabtu (16/10/2021).

Menurut Purwanti, Pemkot Jakbar memang fokus pencegahan banjir di empat lokasi tersebut, sehingga pihaknya juga searah dengan Pemkot.

Kenapa empat wilayah tersebut jadi fokus penanganan? Karena memang empat titik itulah yang mengalami banjir paling parah pada musim hujan beberapa waktu silam.

Pembenahan nantinya juga bakal melakukan penambahan kolam embung, termasuk perbaikan saluran air yang tersumbat, serta pengadaan pompa air di beberapa titik. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00