Waspada Karhutla Aceh, BMKG Deteksi Titik Panas

Foto Ilustrasi Dok BPBD

KBRN, Banda Aceh : Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Banda Aceh mendeteksi titik panas di sejumlah wilayah Aceh, Rabu (13/10/2021). 

"Pantauan titik panas Provinsi Aceh tanggal 13 Oktober 2021 pukul 00.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB terdapat lima titik panas di Provinsi Aceh," kata Koordinator Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Banda Aceh Zakaria Ahmad di Banda Aceh. 

Dia menyebutkan, berdasarkan pemantauan dari citra satelit Terra Aqua dan NPP Suomi, titik panas tersebar di lima titik. 

Masing-masing terdapat satu titik panas yaitu di Kecamatan Babah Rot Kabupaten Aceh Barat Daya, Kecamata  Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar, Kecamatan Lawe Alas Kabupaten Aceh Tenggara, Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie dan Kecamatan Rundeng, Kota Subulussalam. 

"Tingkat kepercayaan sedang," ungkapnya. 

Zakaria mengimbau, Aceh saat ini memasuki musim kering sehingga sangat berpotensi kebakaran hutan dan lahan serta pemukiman. 

Masyarakat diminta untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar karena sangat berpotensi api akan meluas ke titik lainya.  (imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00