FOKUS: #TANGGAP BENCANA ALAM

Antisipasi Banjir, Saluran Pluit 82 Meter Dibersihkan

Petugas Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Penjaringan membersihkan saluran air di Jalan Pluit Putra Putri RT 06/06, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Rabu (13/10/2021). Pembersihan saluran sepanjang 82 meter tersebut merupakan salah satu program gerebek lumpur dalam upaya antisipasi datangnya musim hujan. (Ryan Suryadi/RRI)

KBRN,Jakarta: Petugas Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Penjaringan membersihkan saluran air di Jalan Pluit Putra Putri RT 06/06, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Rabu (13/10/2021).

Pembersihan saluran sepanjang 82 meter tersebut merupakan salah satu program gerebek lumpur dalam upaya antisipasi datangnya musim hujan.

Kepala Satuan Pelaksana SDA Kecamatan Penjaringan, Pendi, mengatakan, sebanyak 400 karung disiapkan dalam pelaksanaan pembersihan saluran tersebut.

"Pengurasan menggunakan peralatan manual dengan pelaksana sebanyak 14 orang petugas SDA Kecamatan Penjaringan," kata Pendi saat dikonfirmasi RRI.co.id, Rabu (13/10/2021).

Pendi menerangkan tebalnya lumpur dan sampah membuat saluran tidak dapat berfungsi dengan baik.

"Membuat air tidak dapat mengalir. Selain tebalnya lumpur dan sampah, kami juga menemukan tumpukan-tumpukan batu berada di dalam saluran yang memiliki tinggi dua meter dan lebar tiga meter tersebut," ungkapnya.

Pendi berharap dengan dikurasnya saluran pada Jalan Pluit Putra Putri RT 06 RW 06, Kelurahan Pluit ini dapat memberikan kenyamanan masyarakat DKI Jakarta khususnya warga Penjaringan, Jakarta Utara saat musim hujan datang.

"Tidak ada genangan di wilayah Kelurahan Pluit. Namun demikian kami juga berpesan kepada masyarakat untuk dapat berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya. Buanglah sampah pada tempatnya, jangan pada saluran yang nantinya dapat mengganggu fungsi saluran dalam menampung dan mengalirkan air," tuturnya. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00