Waspada Karhutla, 190 Titik Panas di Sumatera

Asap membubung tinggi dari lahan yang terbakar di Desa Rawa Jaya, Pemulutan, Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, Rabu (11/8/2021). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.

KBRN, Pekanbaru: Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru memantau hasil monitoring satelit NOAA 20, dengan identifikasi jumlah titik api di wilayah Sumatera sebanyak 190 titik, Minggu (19/9/2021).

Dari 190 titik panas tersebut terbanyak di Sumatera Selatan 96 titik, Bangka Belitung 68, Lampung 22, Jambi 3, sedangkan Provinsi Riau 1 titik yakni di Kabupaten bengkalis. 

Prakirawan BMKG Pekanbaru Bibin S, saat di konfirmasi Minggu (19/09/21) menjelaskan, untuk keadaan cuaca yang ada di provinsi Riau sendiri sejak pagi cerah berawan hingga berawan namun berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kab. Kuantan singing, Kab. Indragiri Hulu, Kab. Indragiri Hilir, Kab. Pelalawan, Kab. Bengkalis, Kota Dumai dan Kab. Rokan Hilir

Siang hingga sore hari masih cerah berawan hingga berawan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang Terjadi disebagian wilayah Kab. Rokan Hilir, Kab. Bengkalis, Kab. Kep. Meranti, Kab. Indragiri Hulu, Kab. Indragiri Hilir, Kab. Rokan Hulu, dan Kab. Kampar.

Malam hari cerah berawan hingga berawan tapi berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang tidak merata terjadi di sebagian besar wilayah Riau.

Dini hari cerah berawan hingga berawan berpotensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di sebagian wilayah Kota Dumai, Kab. Bengkalis, Kab. Siak, Kab. Kep. Meranti, Kab. Pelalawan, Kab. Kuantan Singingi,dan Kab. Indragiri Hulu.

Peringatan dini selalu waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kab. Kuantan Singingi, Kab. Indragiri Hulu, Kab. Indragiri Hilir, Kab. Pelalawan, Kab. Bengkalis dan Kota Dumai pada pagi dan siang hari

“Sementara keadaan suhu udara berkisar antara  23.0 hingga 33.0 derajat celcius dengan kelembapan udara antara 60 hingga 98 persen. Arah angin dari Tenggara menuju Barat Daya dengan kecepatan angin 05 hingga 30 km/jam. Sedangkan Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 hingga 1.25 meter kategori rendah,” ungkap Prakirawan BMKG Pekanbaru Bibin S.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00