Banjir di Palangka Raya,  Debit Air Naik 

KBRN,Palangka Raya:  Banjir di Kelurahan Marang, Palangka Raya masih terjadi hingga kini dengan debit air kembali mengalami kenaikan hingga 10 cm. 

Sebelumnya mencapai 35 cm meter hal ini paling rawan terjadi di Kelurahan Marang Lama RT 02/01, 01/02, 02/02,hingga mengakibatkan beberapa rumah masih terendam banjir. 

Lurah Marang Yuliati Azhari, menginformasikan untuk jalan menuju Marang lama pada jembatan pertama debit air meningkat di jalan bila curah hujan tinggi maka jembatan juga ikut terendam sehingga pihak Kelurahan Marang berupaya maksimal dapat menyalurkan bantuan sembako. 

Saat ini, bantuan sembako yang telah tersalurkan baru dari Karang Taruna Kecamatan Bukit Batu sebanyak 40 paket sembako. Selanjutnya ada pula swadaya dari Masyarakat Marang, Suryadi sekeluarga sebanyak 110 paket sembako yang diberikan untuk warga dan dari pihak Aliansi KBM UPR Peduli yang di salurkan oleh Dinas Sosial Provinsi sebanyak 105 paket sembako.

”Kami mengucapkan terimakasih,atas bantuan yang telah diberikan dari swadaya masyarakat,karang taruna Bukit Batu dan Aliansi KBM UPR Perduli meski untuk bantuan Pemko sampai saat ini masih belum ada.” kata Yuliati Azhari kepada RRI ,Minggu (19/9/2021).

Saat ini,  pihak kelurahan masih terus melakukan pendataan warga yang terdampak banjir dengan jumlah penduduk 100 jiwa dan 300 KK secara lengkap di untuk mendapatkan paket sembako dari Pemko Palangka Raya melalui BPBD Kota. 

Sementara itu,  Camat Bukit Batu Hendrikus Budi menambahkan untuk masyarakat Bukit Batu yang memang rawan banjir di 3 Kelurahan seperti Kelurahan Marang,Tumbang Tahai dan Kelurahan Tangkiling yang berdekatan dengan Sungai Rungan,”kami terus melakukan edukasi kepada masyarakat agar selalu waspada akan banjir yang setiap tahunnya terjadi.”ungkap Hendrikus Budi

Selain itu, Posko Siaga Banjir juga telah ada di Balai Kelurahan Marang,dan untuk tempat pengungsian apabila terjadi banjir dengan debit air tinggi,warga Marang dapat mengungsi ke posko, posyandu yang telah di siapkan untuk tempat penginap mengungsi. 

Untuk itu, Hendrikus Budi selalu mengtingatkan warganya khususnya yang berada di Kelurahan rawan banjir untuk lebih berhati dan selalu waspada bila ada banjir bandang segera mengunggi ke lokasi yang aman.

Kelurahan Marang Kecamatan Bukit Batu juga telah memiliki Tim Siaga banjir dengan anggota prangkat Kelurahan ,Babinkantibmas, babinsa, penyuluh agama, ketua RT dan RW, LKK, mantir adat, TP PKK Marang, KIM, Karang taruna Marang, dan tim PPKM Marang.

Yang bertugas untuk memantau masyarakat Marang sekitarnya yang memerlukan bantuan obat-obatan, makanan dan evakuasi. (imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00