Empat Unit Rumah Dimangsa Sijago Merah di Tungkop

KBRN, Kota Jantho: Musibah kebakaran yang menghanguskan empat unit rumah kontruksi kayu milik M Yusuf Ibrahim (53) di Gampong Tungkop, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar, terjadi Kamis (16/6/2021) sekitar pukul 18.25 WIB. 

Empat unit rumah yang ludes terbakar hingga rata dengan tanah tersebut tiga unit diantaranya selama ini dikontrakkan kepada para penyewa berjumlah tiga KK atau 11 jiwa semuanya kehilangan tempat tinggal untuk sementara sudah ditampung di rumah saudara.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Besar Fahran AP kepada RRI mengatakan, petugas Pusdalops BPBD Aceh Besar menerima informasi awal tentang adanya kejadian kebakaran rumah yang disampaikan oleh seorang wartawan bernama Ismail.

“Saat kejadian Ismail sedang istirahat didepan rumah dan tiba-tiba melihat warga berlarian melihat kumpalan asap sehingga Ismail juga langsung bergerak kelokasi memastikan kejadian tersebut," jelasnya.

Menuirut Farhan, Ismail kemudian langsung menghubungi petugas Pusdalops BPBD Aceh perihal tentang kejadian kebakaran rumah.

”Selanjutnya petugas Pusdalops BPBD Aceh Besar meneruskan kejadian tersebut ke pos Khaju dan pos induk Sibreh,” tuturnya.

Menurut keterangan warga setempat api bermula dari kompor gas di salah satu rumah korban yang terbakar dikarenakan kondisi cuaca yang panas dan rumah yang berkontruksi kayu tersebut api begitu cepat menghabiskan rumah korban.

Begitu juga dengan harta benda milik korban tak satupun ada yang berhasil di selamatkan, “Untuk penyebab kejadian kebakaran dari kompor gas namun sudah dalam penanganan pihak yang berwajib,” tambah Farhan.

Operator Pusdalops PB, Maswani menambahkan, Damkar BPBD Aceh Besar Pos Khaju mengerahkan satu unit armada pemadam kebakaran serta dibantu dua unit armada pemadam dari Pos Induk Sibreh dan satu unit Pos Durung didukung 20 personil pemadam kebakaran.

“Setiba dilokasi kejadian petugas langsung melakukan pemadaman, rumah yang berkontruksi kayu tersebut begitu cepat habis terbakar dan juga berimbas tiga unit rumah dengan kondisi rusak berat,” tuturnya.

Dalam upaya pemadaman petugas pemadam didampingi oleh Sestama BPBD Aceh Besar Bustaman dan Kasi Kesiapsiagaan Teuku Muda Hadi juga ikut dibantu Koramil setempat, Polsek setempat, RAPI, ERPA dan warga masyarakat Tungkop. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00